Panduan Pintar Belajar ke Luar Negeri

Ingin studi di luar negeri? Awas salah pilih universitas dan program pendidikan yang kurang berkualitas.

Home - Kuliah - Apa yang Membuat Kuliah Tahun Pertama di Luar Negeri Terasa Berat

Apa yang Membuat Kuliah Tahun Pertama di Luar Negeri Terasa Berat

Posted on February 21, 2016 in Kuliah Pendidikan

stress bTidak semua orang memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Pada umumnya, hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan kemampuan finansial di atas rata-rata atau orang-orang pintar yang berhasil meraih program beasiswa kuliah ke luar negeri. Kuliah di luar negeri bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena ada banyak orang yang memimpikannya tapi tidak mampu mewujudkannya. Sayangnya, setelah berhasil kuliah di luar negeri, kebanyakan mahasiswa justru tidak betah dan menyesali keputusan mereka. Malah ada yang ingin cepat pulang ke kampung halaman dan kuliah di Indonesia saja.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kuliah di luar negeri bukanlah hal yang mudah, khususnya di tahun pertama. Kebanyakan mahasiswa mengaku bahwa mereka merasa tidak nyaman dan kehidupan mereka terasa berat di tahun pertama mereka di luar negeri. Sebenarnya apa yang menyebabkan masalah ini?

Rasa rindu terhadap keluarga

Bagi mahasiswa yang tidak pernah jauh dari orang tua, kuliah di luar negeri akan membuat mereka merasa kehilangan orang tua mereka. Bahkan bagi yang memiliki banyak keluarga dengan hubungan yang akrab atau harmonis, mereka akan merasa kehilangan sekali ketika studi di luar negeri. Rasa kehilangan inilah yang berubah menjadi rasa rindu yang mendalam sehingga mereka sering kepikiran dan hilang konsentrasi ketika belajar. Bahkan ada mahasiswa yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli pulsa guna menelpon keluarga mereka.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? Sangat disarankan untuk lebih bersabar dan lebih mandiri. Isi juga waktu luang dengan belajar, mengunjungi objek wisata, hang out bareng teman baru, atau melakukan kegiatan positif agar rasa rindu terhadap orang terdekat terlupakan. Jika masih sering merasa rindu akan keberadaan mereka, hubungi atau lakukan video call untuk mengobati rasa rindu tersebut. Lakukan komunikasi secara rutin, seperti dua kali dalam seminggu.

Kesulitan beradaptasi dengan berbagai hal

Iklim, cuaca, bahasa, makanan, budaya, tradisi, adat istiadat, dan kebiasaan merupakan hal-hal yang memiliki perbedaan ketika berada di luar negeri. Perbedaan ini harus bisa diatasi dengan beradaptasi sebaik mungkin agar kehidupan di sana terasa nyaman. Sayangnya, kebanyakan mahasiswa kesulitan beradaptasi dengan berbagai perbedaan tersebut. Sebagai contoh, apabila dalam kehidupan sehari-hari mereka hanya menggunakan bahasa Indonesia dan di luar negeri, orang-orang menggunakan bahasa Inggris, tentu hal ini akan membuat mereka kesulitan beradaptasi. Contoh lainnya adalah apabila mahasiswa adalah muslim sedangkan kebanyakan makanan yang dijual tidak halal, jelas hal ini akan membuat mahasiswa kesulitan untuk mengisi perut mereka.

Hubungan pertemanan yang masih minim

Menemukan teman di luar negeri cukup sulit, apalagi di sana mahasiswa yang berasal dari Indonesia jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Hubungan pertemanan otomatis akan sangat minim. Hal ini akan membuat mahasiswa semakin rindu rumah dan keluarga mereka. Tak heran apabila mereka yang belum mandiri akan merasa bahwa kuliah di luar negeri adalah keputusan yang salah. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya untuk membuka diri dan bergabung dengan organisasi atau mengikuti program ekstrakurikuler di universitas supaya bisa mendapatkan teman-teman baru. Bagaimana soal bahasa untuk berkomunikasi? Apabila kemampuan bahasa Inggris masih belum bagus, sebaiknya belajar dan terus dipraktekkan ketika bertemu dengan kenalan. Hal ini dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris. Semakin sering bahasa Inggris dipraktekkan, semakin mudah menggunakannya untuk berkomunikasi.

Apabila Anda tertarik untuk kuliah di luar negeri, pastikan bahwa Anda bisa mengatasi permasalahan-permasalahan di atas dengan baik agar kuliah Anda berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *