Panduan Pintar Belajar ke Luar Negeri

Ingin studi di luar negeri? Awas salah pilih universitas dan program pendidikan yang kurang berkualitas.

Home - Desain Grafis - Keterampilan di Bidang Desain Grafis

Keterampilan di Bidang Desain Grafis

Posted on May 4, 2016 in Desain Grafis Pendidikan

Keterampilan di Bidang Desain Grafis

Desain grafis merupakan bidang ilmu yang membahas tentang seni berkomunikasi menggunakan tulisan, gambar, dan ruang, seperti halnya definisi dari Wikipedia. Sebagaimana yang kita ketahui, desain itu sendiri adalah perencanaan atau rancangan pembuatan suatu objek dalam bentuk visual (gambar). Sedangkan grafis itu sendiri adalah bentuk komunikasi visual (gambar/penglihatan) yang terdiri atas unsur garis, bentuk, ilustrasi, warna, tekstur, dan sebagainya.

Mendalami ilmu desain grafis kedengarannya bukan hal yang mudah apalagi banyak yang berasumsi bahwa masa depan lulusan jurusan desain grafis, komunikasi visual, atau sebagainya tidak belum dapat dipastikan akan jadi apa. Padahal, kita tidak bisa menganggap remeh karena sebenarnya peluang karirnya lebih luas dan banyak dibutuhkan. Anak desain grafis bisa bekerja atau membuka usaha di bidang periklanan, jasa web desain, percetakan, dan masih banyak lagi. Sejatinya, ada tiga keterampilan dasar yang harus dikuasai untuk menguasai desain grafis. Simak uraiannya berikut ini:

Seni visual

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), visual adalah sesuatu atau suatu bentuk yang dapat dilihat dengan indra penglihat atau mata. Seni visual adalah buah hasil karya manusia yang diwujudkan melalui kreatifitas berbentuk gambar atau yang tampak oleh mata. Adapun seni visual ini berupa foto atau digital yang tidak sekedar mementingkan nilai estetika, tetapi juga makna dan pengaruhnya. Diterapkannya seni visual diharapkan dapat membantu membuat orang yang melihatnya mendapatkan pengaruh.

Tipografi

Keterampilan selanjutnya adalah tipografi. Apa itu tipografi? Tipografi merupakan seni cetak atau tata huruf. Dengan kata lain, ini adalah bentuk atau cabang seni rupa huruf yang artinya menggunakan huruf-huruf sebagai elemen. Di dalam desain grafis, huruf juga menjadi komponen utama sebagai simbol atau lambang merepresentasikan sesuatu. Tipografi di desain grafis berperan untuk menyampaikan informasi yang mesti diketahui oleh orang yang menglihat atau penikmat. Contohnya saja di dalam logo atau brand, tentu membutuhkan huruf untuk menyampaikan informasi berupa mereka atau tinjauan suatu produk/perusahaan.

Pada dasarnya, tipografi diklasifikasikan menjadi Roman dan Script yang mana kini telah memiliki beragam jenis sebagai bentuk pengembangannya. Yang harus diperhatikan dalam penerapannya adalah tingkat kerumitan serta keterbacaan huruf. Kendatipun harus mengandung nilai estetika dan keunikan, sebaiknya yang diutamakan adalah kejelasan bentuk huruf. Agar harmonis, yang mesti dipertimbangkan adalah ukuran, warna, jenis huruf, spasi, dan perataan.

Desain interaksi

Yang akan dibahas di poin terakhir adalah desain interaksi. Di dalam desain grafis, desain interaksi adalah tingkat lanjut dari rancangan atau konsep. Tujuan utama dari desain interaksi ini adalah tak lain dan tak bukan untuk mendukung komunikasi secara visual. Adanya interaksi berarti terjadi komunikasi antara penggunanya. Adapun dua hal yang harus diutamakan adalah user interface atau tampilan pengguna serta user experience atau pengalaman pengguna.

Nah, itulah tiga keterampilan di bidang desain grafis yang perlu Anda ketahui. Ingin belajar desain grafis secara efektif? Di samping membaca buku-buku berisikan teori dan materi seputar desain grafis, pelajari juga tutorial di YouTube atau blog. Bergabung dengan komunitas pecinta desain grafis atau sering sharing dengan sesama mahasiswa desain juga dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan serta manambah wawasan. Apabila sudah yakin dengan skill yang dimiliki, bisa segera memulai usaha sendiri atau dengan bekerja unutk suatu perusahaan. Selamat berjuang dan semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *